Hakikat Ilmu Pengetahuan

Pengertian Ilmu secara positif adalah bebas aktif, dimana ilmu disini bersifat mutlak dalam keadaan apapun dan dimanapun.Contohnya seperti salah satu sifat benda bila di panaskan akan memuai, keaadaan ini akan sama dan melekat di setiap orang dan tidak akan berubah karena dalam hal ini ilmu bersifat mutlak.

sedangkan secara Normatif Ilmu mengandung arti mendeskripsikan atau menjelaskan sesuatu dengan detail dan bisa di aplikasikan dalam hal nyata. Tetapi dalam hal ini Ilmu tidak bisa bersifat mutlak akan ada perbedaan pendapat atau paradigma seseorang tergantung cara pandang mereka menilai suatu ilmu. Contohnya dalam pengambilan kebijakan ekonomi suatu negara,misalnya penurunan harga BBM di Indonesia sebagian orang berpendapat bahwa kebijakan ini sangat tepat karena dalam keadaan rakyat yang terjepit ekonomi ia beranggapan bisa mengurangi beban ekonominya dengan harga BBM yang rendah, tetapi sebagian orang berpendapat bahwa penurunan harga BBM ini kurang tepat kareng dalam keadaan negara yag sedang krisis harusnya pemerintah lebih meningkatkan pendapatannya.

Namun dari pengertian di atas kita dapat menyimpulkan bahwa arti ilmu yang sesungguhnya memang sangatlah luas tidak bersifat mutlak dan dengan arti yang tidak mutlak itu kita dapat menafsirkan sesuatu dengan berbagai sudut pandang, sehingga dapat memperkaya tatanan content yang mungkin suatu saat akan sangat bermanfaat sekali bagi kelangsungan suatu pendidikan di Dunia dan dengan itu demi menjaga hilangnya ilmu dari muka bumi, karena menurut suatu keterangan suatu saat di dunia ini kelak nanti akan terkena musibah yang sangat dahsyat yaitu hilangnya ilmu di muka bumi ini dan itu tandanya dunia ini akan berakhir.

Dapat di bayangkan jika suatu saat di Dunia ini sudah tidak ada ilmu! Yang sangat penting sekali peranannya, manusia tidak dapat menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapinya tentu saja ini sangat buruk sekali mengapa karena setiap manusia tidak dapat berkembang tanpa masalah, tanpa ilmu manusia tidak dapat melakukan penelitian-penelitian yang dapat menghasilkan suasana baru bagi khazanah ilmu di Dunia. Dengan hilangnya ilmu maka ini wuhud dari kemunduran diberbagai sektor kehidupan. Untuk itu demi kelancaran dan keselamatan dunia mari kita bersana-sama melestarikan ilmu-ilmu yang sangat penting ini bagaimanapun caranya, dengan apapun pasilitas yang digunakan, mari kita berbagi wawasan dengan orang lain demi menjaga hilangnya ilmu yang kita miliki dari muka bumi.

Asapun sifat atau ciri yang di miliki ilmu itu sendiri menurut, Ismaun (2001) yaitu :

1. obyektif; ilmu berdasarkan hal-hal yang obyektif, dapat diamati dan tidak berdasarkan pada emosional subyektif,

2. koheren; pernyataan/susunan ilmu tidak kontradiksi dengan kenyataan;

3. reliable; produk dan cara-cara memperoleh ilmu dilakukan melalui alat ukur dengan tingkat keterandalan (reabilitas) tinggi,

4. valid; produk dan cara-cara memperoleh ilmu dilakukan melalui alat ukur dengan tingkat keabsahan (validitas) yang tinggi, baik secara internal maupun eksternal,

5. memiliki generalisasi; suatu kesimpulan dalam ilmu dapat berlaku umum,

6. akurat; penarikan kesimpulan memiliki keakuratan (akurasi) yang tinggi, dan

7. dapat melakukan prediksi; ilmu dapat memberikan daya prediksi atas kemungkinan-kemungkinan suatu hal.

About ilmam

sama saja

Posted on May 10, 2009, in economic zone. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: